Tas Anyaman : Jenis-Jenisnya Berdasarkan Bahan

tas anyaman untuk hampers corporate

Tas Anyaman – Tas, atau yang sering disebut juga dengan kantong, adalah wadah portabel yang digunakan untuk membawa barang bawaan.

Biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan fleksibel seperti kain, kulit, atau plastik, tas hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Mulai dari tas belanja yang besar dan kokoh untuk membawa barang dalam jumlah banyak, hingga tas tangan mungil yang elegan untuk membawa perlengkapan sehari-hari, tas telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia untuk memudahkan kita dalam beraktivitas dan membawa barang bawaan penting.

Tas anyaman, sebuah warisan budaya leluhur yang telah menemani perjalanan manusia sejak berabad-abad lampau.

Di balik kesederhanaan anyamannya, tersembunyi pesona budaya dan tradisi yang tak lekang oleh waktu. Lebih dari sekadar benda fungsional, tas anyaman menjelma menjadi simbol identitas dan kreatifitas masyarakat di berbagai penjuru dunia.

Baca Juga: Hampers Anyaman : Hadiah Unik dan Ramah Lingkungan

Jenis-Jenis Tas Anyaman Berdasarkan Bahannya

Dunia tas anyaman begitu luas dan penuh warna, menawarkan berbagai jenis tas dengan karakteristik dan keunikannya masing-masing. Berikut beberapa jenis tas anyaman yang populer di Indonesia dan dunia:

Tas Rotan

Ikonik dan tahan lama, tas rotan menjadi primadona di kalangan pecinta fashion dan pencinta lingkungan. Dibuat dari bahan rotan yang kokoh dan lentur, tas rotan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari tas tangan mungil hingga tas belanja besar. Tak hanya fungsional, tas rotan juga memancarkan pesona alami yang tak lekang oleh waktu.

Rotan, tanaman yang tumbuh di hutan tropis, menjadi bahan utama pembuatan tas rotan. Ditanam dan dirawat dengan penuh kasih sayang, rotan dipanen dan diolah dengan tangan terampil para pengrajin. Setiap helai rotan dianyam dengan ketelatenan, menghasilkan pola yang unik dan penuh estetika.

Tas rotan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari tas tangan mungil yang elegan hingga tas belanja besar yang kokoh.

Warna rotan yang alami, mulai dari cokelat muda hingga cokelat tua, menghadirkan nuansa earthy yang menawan. Tak heran, tas rotan menjadi primadona di kalangan pecinta fashion dan pencinta lingkungan.

Tas Bambu

Ringan dan fleksibel, tas bambu menawarkan alternatif yang stylish dan ramah lingkungan. Dibuat dari bambu yang dianyam dengan rapi, tas bambu menghadirkan nuansa alami yang menawan. Cocok untuk digunakan sehari-hari, tas bambu juga menjadi pilihan tepat untuk melengkapi gaya kasual Anda.

Bambu, tanaman yang tumbuh subur di berbagai penjuru dunia, menjadi bahan utama pembuatan tas bambu.

Dikenal dengan kekuatan dan ketahanannya, bambu juga merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan cepat panen. Hal ini menjadikan bambu sebagai bahan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Proses pembuatan tas bambu membutuhkan keahlian dan ketelatenan para pengrajin. Bambu dipotong dan dikeringkan dengan sempurna, kemudian dibelah menjadi tipis dan dianyam dengan rapi. Setiap anyaman bambu menghasilkan pola yang unik dan penuh estetika.

Tas Pandan

Di balik kesederhanaannya, tas pandan menyimpan makna dan nilai budaya yang mendalam. Dibuat dari daun pandan yang dianyam dengan telaten, tas pandan memiliki aroma khas yang menyegarkan dan tahan lama. Tas pandan sering digunakan untuk membawa perlengkapan ibadah, mencerminkan kesucian dan ketaatan bagi penggunanya.

Daun pandan, tanaman yang mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, menjadi bahan utama pembuatan tas pandan.

Daun pandan memiliki aroma khas yang menyegarkan dan dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan. Selain itu, daun pandan juga mudah dianyam dan menghasilkan tekstur yang halus dan lembut.

Tas Mendong

Berasal dari tanaman mendong, tas mendong menawarkan tekstur yang halus dan lembut. Dibuat dengan teknik anyaman yang rumit, tas mendong menghasilkan pola yang indah dan unik. Tas mendong sering digunakan untuk membawa barang-barang ringan, seperti dompet, handphone, dan kunci.

Mendong (Typha latifolia L.), tanaman air yang mudah ditemukan di rawa-rawa dan tepi sungai, menjadi bahan utama pembuatan tas mendong.

Selain untuk membuat tas, mendong juga memiliki berbagai manfaat seperti obat-obatan tradisional dan bahan dasar kerajinan tangan.

Tas mendong, sebuah karya seni tradisional yang tak hanya indah dan fungsional, namun juga sarat makna dan nilai budaya. Memilih tas mendong berarti mendukung kelestarian alam, budaya, dan tradisi.

Tas Eceng Gondok

Tanaman eceng gondok yang dianggap gulma, diubah menjadi karya seni yang bernilai. Tas eceng gondok menawarkan alternatif yang ramah lingkungan dan ekonomis. Dibuat dengan teknik anyaman yang rapat, tas eceng gondok tahan air dan awet.

Tas eceng gondok menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin tampil stylish dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

Membuat tas eceng gondok membutuhkan proses yang unik dan ramah lingkungan. Eceng gondok dipanen dan dikeringkan dengan sinar matahari, kemudian diproses menjadi serat halus. Serat eceng gondok ini kemudian dianyam dengan teknik rapat dan rumit, menghasilkan tas yang kokoh dan tahan air.

Proses pembuatan tas eceng gondok tidak menghasilkan limbah berbahaya, sehingga ramah lingkungan. Selain itu, penggunaan eceng gondok sebagai bahan baku tas membantu mengendalikan populasi tanaman invasif ini dan menjaga kelestarian ekosistem perairan.

Tas Kulit Kayu

Di antara keragaman tas anyaman, tas kulit kayu hadir dengan pesona rustic dan vintage yang tak terlupakan. Dibuat dari kulit pohon yang dikeringkan dan dianyam dengan rapi, tas kulit kayu menawarkan nuansa alam liar yang unik dan autentik.

Ketahanan dan ketahanannya terhadap air menjadikannya pilihan ideal bagi para pecinta petualangan dan mereka yang ingin tampil stylish dengan sentuhan alami.

Membuat tas kulit kayu membutuhkan proses yang unik dan tradisional. Kulit kayu dipanen dari pohon yang telah mati atau ditebang, kemudian dikeringkan dengan sinar matahari atau asap api. Setelah kering, kulit kayu dihaluskan dan dianyam dengan teknik yang rumit, menghasilkan pola yang indah dan unik.

The Anyaman Series dari Kira Souvenir: Motif Anyaman Modern dan Elegan

Kira Souvenir menawarkan desain sepaket tas yang dilengkapi card holder dan lanyard dengan variasi motif anyaman. Warna hitam dan putih memberikan kesan yang elegan. Bahan premium dari vegan leather membuat tas anyaman nampak lebih berkelas.

Cocok digunakan di segala suasana baik formal maupun nonformal. Bahkan bisa menyimpan laptop 14 inchi yang memudahkan aktivitas Anda bertemu kolega bisnis. 

Memilih tas ini sebagai personal gifts atau custom hampers tentu memberikan kesan yang mewah. Selain itu juga lebih berguna dalam kehidupan sehari-hari penerimanya. Anda bisa melakukan branding logo di permukaan tas untuk membuat siapa saja mengingat perusahaan Anda.

Dapatkan informasi lebih lanjut serta penawaran menarik harga special The New Anyaman Series di sini