7 Cara Menghilangkan Tumbler Bau Anti Ribet

cara menghilangkan tumbler bau

Anda sedang mencari cara menghilangkan tumbler bau? Hmm.. tumbler merupakan salah satu alat minum yang semakin populer digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk menyimpan air, kopi, teh, maupun minuman lainnya. Namun, sering kali kita menghadapi masalah bau tidak sedap yang muncul dari dalam tumbler. Ya kan?

Sebenarnya, apa penyebab botol minum bau? Bakal di bahas di bawah ya! Untuk itu, penting bagi kita mengetahui cara efektif menghilangkan bau pada tumbler agar tetap nyaman digunakan dan minuman yang disimpan di dalamnya tetap segar dan nikmat. Simak sampai akhir yuk!

Apa Penyebab Botol Minum Tumbler Bau?

Pasti kita seirng heran, kenapa ya tumbler atau botol minum bisa jadi bau. Baik bau amis ataupun bau besi. Melansir dari Hydrocellusa, botol minum kesayangan kita ternyata bisa jadi sarang bau tak sedap lho! Iya, kalau dibiarkan kotor dan tak dicuci dengan benar, sisa minuman dan bakteri bisa menumpuk. Nah, ini dia biang keladi kenapa botol minum bisa bau: jamur!

Bayangkan, jamur kecil-kecil ini tumbuh subur di tempat yang lembab dan gelap, persis seperti di dalam botol yang jarang dibersihkan. Selain jamur, sisa minuman tertentu seperti jus buah atau kopi juga bisa meninggalkan aroma tak sedap.

7 Cara Efektif Menghilangkan Tumbler Bau

Menghilangkan bau pada tumbler bisa dilakukan dengan berbagai cara yang sederhana namun efektif. Berikut adalah penjelasan untuk setiap langkah bagaimana cara menghilangkan bau amis di botol tumbler:

Cuci dengan Sabun dan Air Hangat

    Pertama, lepaskan semua bagian tumbler, termasuk penutup dan bagian dalam yang bisa dilepas. Basahi semua bagian dengan air hangat. Tuangkan sedikit sabun cuci piring pada spons atau sikat botol. 

    Gosok semua permukaan dalam dan luar tumbler secara menyeluruh, pastikan tidak ada sisa makanan atau minuman yang tertinggal. Fokuskan pada area-area yang sulit dijangkau seperti tutup dan sela-sela tumbler. 

    Setelah itu, bilas semua bagian dengan air hangat hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal. Air hangat membantu melarutkan residu dan minyak, sementara sabun cuci piring efektif dalam menghilangkan kotoran dan bau.

    Gunakan Baking Soda

      And amungkin bertanya-tanya, apakah baking soda bisa menghilangkan bau amis? Isi tumbler dengan air hangat sampai setengahnya. Tambahkan satu sendok makan baking soda. Tutup tumbler dan kocok perlahan selama beberapa menit sehingga larutan baking soda menyebar ke seluruh bagian dalam.

      Setelah itu, biarkan campuran ini di dalam tumbler selama beberapa jam atau lebih baik lagi semalaman. Bilas dengan air bersih pada pagi harinya. Baking soda memiliki sifat abrasif ringan dan mampu menyerap bau, sehingga sangat efektif dalam menghilangkan bau tak sedap.

      Cuka Putih

        Campurkan cuka putih dengan air hangat dengan perbandingan 1:1. Tuang campuran ini ke dalam tumbler hingga penuh. Biarkan campuran ini berada di dalam tumbler selama beberapa jam atau semalaman. 

        Apakah cuka menghilangkan bau amis? Cuka bekerja dengan cara melarutkan residu dan membunuh bakteri penyebab bau. Setelah itu, buang campuran cuka dan air, kemudian bilas tumbler dengan air bersih dan cuci dengan sabun cuci piring untuk menghilangkan sisa bau cuka. Cuka putih adalah agen pembersih alami yang kuat yang bisa membunuh bakteri dan menghilangkan bau.

        Baca Juga : Cara Mencuci Tumbler Baru Tips Lengkap

        Lemon

          Peras satu buah lemon dan campurkan jusnya dengan air hangat. Isi tumbler dengan campuran ini. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membunuh bakteri dan menghilangkan bau. 

          Setelah itu, bilas tumbler dengan air bersih dan cuci dengan sabun cuci piring. Asam sitrat dalam lemon efektif untuk menghilangkan bau dan memberikan aroma segar alami.

          Hindari Menyimpan Minuman Terlalu Lama

            Hindari menyimpan minuman dalam tumbler terlalu lama, terutama minuman beraroma kuat seperti kopi, teh, atau susu. Jika minuman dibiarkan terlalu lama, bakteri bisa berkembang biak dan menyebabkan bau. 

            Apakah tumbler harus dicuci? Yup, pastikan untuk segera mencuci tumbler setelah digunakan. Terutama jika digunakan untuk menyimpan minuman yang mudah basi atau berbau kuat. Mencegah bakteri berkembang biak dan menyebabkan bau dengan segera membersihkan tumbler setelah digunakan.

            Pengeringan yang Baik

              Setelah mencuci tumbler, pastikan untuk mengeringkannya dengan benar. Gunakan handuk bersih untuk mengelap bagian luar dan dalam tumbler. Biarkan tumbler terbuka dan terbalik di atas rak pengeringan agar semua bagian benar-benar kering. 

              Kelembaban yang terperangkap dalam tumbler dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau. Menghindari kelembaban yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang berkontribusi pada bau tidak sedap.

              Baca Juga : Cara Membuat Desain Tumbler Custom

              Gunakan Garam

                Campurkan satu sendok makan garam dengan air hangat. Isi tumbler dengan campuran ini. Kocok tumbler secara perlahan untuk memastikan garam menyebar ke seluruh bagian dalam. 

                Biarkan selama beberapa jam. Garam memiliki sifat antibakteri dan bisa membantu menghilangkan bau. Setelah itu, bilas tumbler dengan air bersih dan cuci dengan sabun cuci piring. Garam membantu membersihkan dan menghilangkan bau dengan sifat antibakterinya.

                Dengan rutin membersihkan dan merawat tumbler sesuai langkah-langkah di atas, bau tidak sedap dapat dihilangkan dan dicegah dengan efektif. Pastikan untuk selalu mencuci tumbler segera setelah digunakan dan memastikan bahwa tumbler benar-benar kering sebelum disimpan. Sekian tips cara menghilangkan tumbler bau.

                Untuk tumbler yang berkualitas premium dengan harga affordable, Anda bisa memesannya di Kira Souvenir. Kira Souvenir merupakan penyedia souvenir dan merchandise eksklusif dengan beragam pilihan produk premium dan useful untuk kegiatan sehari-hari.

                Kami telah dipercaya lebih dari 750+ customer baik instansi, perusahaan, maupun perseorangan. Tersedia beragam pilihan produk yang dapat dicustom sesuai kebutuhan anda.