7 Tips Merawat Anyaman Tas Agar Awet dan Tetap Menawan

Koleksi terbaru Kira Souvenir

Kelebihan tas anyaman tidak hanya terletak pada desain yang unik dan timeless, tetapi juga daya materialnya yang tahan lama, yaitu bambu, rotan, pandan, hingga kulit hewan. Namun, agar tas tetap tampil cantik dan memukau sepanjang waktu, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips merawat anyaman tas. 

Mulai dari cara membersihkan hingga cara menyimpannya, setiap langkah yang Anda lakukan nantinya bisa memengaruhi tampilan dan umurnya. Jika Anda masih belum tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar, mari simak tips yang telah Kira Souvenir rangkumkan di bawah ini!

Tips Merawat Anyaman Tas Agar Awet

Jika Anda senang menggunakan tas anyaman karena tampilannya yang cocok untuk berbagai kesempatan, maka sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar. Jangan sampai tas anyaman yang sudah Anda beli dengan harga cukup tinggi harus rusak begitu saja karena perawatan yang salah. 

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips merawat tas anyaman terbaik yang bisa Anda coba di rumah, antara lain: 

  1. Hindari Mengisi Tas Secara Berlebihan

Menurut urbanasia, tas anyaman terutama yang terbuat dari rotan sebaiknya jangan diisi secara berlebihan karena itu akan membuat bentuk tas berubah seiring berjalannya waktu. Rotan memang bahan yang fleksibel dan tahan lama, tetapi sifatnya tidak seluwes kain atau kulit. Maka dari itu, jaga bentuk tas anyaman rotan Anda dengan mengisi barang secukupnya saja. 

Bukan hanya rotan, jika tas Anda terbuat dari kulit, pandan, maupun bambu juga sebaiknya jangan diisi secara berlebihan agar anyamannya tidak cepat rusak. 

  1. Bersihkan Tas Menggunakan Lap

Jika ingin membersihkan tas anyaman, Anda tidak perlu mencucinya dengan air yang banyak, tetapi hanya cukup gunakan lap saja. Basahi lap dengan sedikit air dan bersihkan bagian tas yang ingin dibersihkan. Jika ada noda, maka Anda bisa menggunakan sikat gigi dengan permukaan yang lembut agar tidak merusak permukaan tas.

  1. Hilangkan Bau dengan Baking Soda

Tas Anda bau karena sudah lama tidak digunakan atau terlalu sering digunakan? Jangan hilangkan bau tersebut dengan menyemprotkan parfum atau pewangi karena itu tidak akan bertahan lama, tetapi gunakan baking soda sebagai alternatifnya.

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu meletakkan baking soda secukupnya di dalam tas dan biarkan selama 24 jam penuh. Setelah itu, sikat tas secara lembut dan jika ada noda membandel, maka gunakan campuran baking soda dengan air untuk membersihkannya. 

  1. Jauhkan dari Air

Walaupun tas anyaman sudah melalui tahap finishing dengan memberikan bahan pelapis atau coating, tetapi jika terus-terusan terkena air bisa saja berubah menjadi jamuran. Maka dari itu, sebaiknya jauhkan dari air agar anyaman tas tetap awet dan cantik. Jika sudah terlanjur basah, maka segera keringkan dengan baik dan jangan langsung disimpan di tempat yang tertutup rapat. 

  1. Jemur Tas  

Melanjutkan poin sebelumnya, Anda perlu mengeringkan tas dengan baik agar tidak semakin rusak. Jangan keringkan di bawah sinar matahari yang terik atau di dekat sumber panas karena itu membuat bahan anyaman tas semakin melemah. 

Cukup letakkan atau gantung tas di tempat yang berventilasi baik dan bantu keringkan dengan handuk bersih untuk menghilangkan kelembapannya. Selain itu, Anda juga bisa mengisi tas dengan kertas tisu untuk mempercepat pengeringan. 

  1. Simpan Tas di Tempat yang Kering

Sudah disinggung sebelumnya bahwa membiarkan tas basah hanya akan menimbulkan jamur dan merusak serat anyaman. Maka dari itu, setelah dibersihkan dan dikeringkan, maka letakkan tas di tempat yang kering dengan ventilasi udara yang lancar. Anda juga bisa berikan pembungkus tas agar tetap bersih dan keluarkan secara berkala agar tidak tumbuh jamur. 

  1. Periksa Secara Berkala

Terakhir, selalu periksa kondisinya secara berkala untuk memastikan tas masih baik-baik saja. Jika Anda melihat adanya tanda-tanda kerusakan pada bahannya, seperti serat yang lepas hingga tali yang putus, maka segera perbaiki atau minta tolong pada ahlinya sebelum semakin parah.

Jika Anda ingin mencoba tas anyaman berbahan premium dari vegan leather untuk dipakai di berbagai kesempatan, Kira Souvenir menawarkan The Anyaman Series yang menawan. Bukan hanya tas, koleksi ini juga berisi lanyard dan card holder dengan desain khas budaya Nusantara. Series ini menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memberikan hadiah untuk orang tersayang, seperti karyawan hingga klien. 

Bukan hanya anyaman tas, Anda juga bisa menemukan lebih dari 350 produk souvenir dan merchandise eksklusif di Kira Souvenir. Sudah dipercaya lebih dari 750 loyal customer, Kira Souvenir bisa jadi tempat yang sesuai untuk mendapatkan hadiah custom yang berkesan. Cari tahu informasi lebih lanjut dan custom souvenirmu sekarang juga di sini!